Rancangan Usaha Tanaman Hias Model Terrarium (Studi Kasus Di Ukm Agririum, Kecamatan Limboto)

Authors

  • Zulkifli Djeppu Universitas Ichsan Gorontalo
  • Ariawan Ariawan Universitas Ichsan Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.37195/jtebr.v5i1.104

Keywords:

Terrarium Models, Ornamental Plants, Products, Business Feasibility, SWOT

Abstract

Tanaman hias adalah tanaman yang ditanam dan ditempatkan dalam ruangan dan pekarangan rumah dengan pot sebagai wadahnya. Terrarium adalah konsep menanam dalam botol atau wadah kaca untuk meminimalisir penggunanaan lahan pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha, tingkat selera konsumen dan strategi pemasaran yang akan dilakukan terhadap produk Terrarium di Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan model studi kasus dengan metode pendekatan yang digunakan adalah metode gabungan antara kualitatif dan kuantitatif, di mana kualitatif yang dominan. Data yang dikumpulkan melalui hasil dari wawancara, observasi, dan trial pembuatan Terrarium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan usaha Terrarium layak diusahakan, selera konsumen terhadap produk Terrarium adalah Terrarium yang memiliki nilai keindahan yang menarik, dan strategi pemasaran yang digunakan adalah SWOT, dengan keunggulan peluang, yaitu peluang karena minimnya saingan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aritonang. 2009. Peramalan Bisnis. Ghalia, Jakarta.

Asnidar. (2017). Analisis Kelayakan Usaha Home Industry Kerupuk opak di desa. Jurnal S. Pertanian 1 , I, 39-47.

Astuti, A. M. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen , XVII, 60.

Atmojo, A. D. (2019). Analisis Usaha Pembuatan Terrarium Berbahan Sukulen Sebagai Usaha Kreatif. Laporan Tugas Akhi , 1-38.

Brian Steven Susilo, B. S. (2013). Perancangan Media Promosi “Roseveelt Florist” Surabaya. 121-131.

Sumitro. (2019, January 21). Analisis Usaha Tanaman Hias Dengan Berbagai Macam Jenis. Retrieved From Tonbr: Https://Www.Tonbr.Com/Analisis- Usaha-Tanaman-Hias/

Suprajitno, D. (2018). Analisis Perhitungan Titik Impas (Break Even Point) Dengan Metode Margin Kontribusi Sebagai Alat Perencanaan Laba Pada Perusahaan Roti €Œbayu Sari― Petanahan. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, 14 (1), 66-88.

Sururi, I. (2020). Studi Kelayakan Investasi Perumahan Menggunakan Metode Benefit Cost. Jurnal Teknik , XVIII, 54.

Zulkarnain, Z. (2009). Kultur Jaringan Tanaman: Solusi Perbanyakan Tanaman Budidaya. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Djeppu, Z., & Ariawan, A. (2023). Rancangan Usaha Tanaman Hias Model Terrarium (Studi Kasus Di Ukm Agririum, Kecamatan Limboto). Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 5(1), 13–16. https://doi.org/10.37195/jtebr.v5i1.104
Abstract viewed = 113 times