Pengaruh Trust Dan Kualitas Website Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Shopee
DOI:
https://doi.org/10.37195/jtebr.v5i1.112Keywords:
Kualitas Website, Minat Pembelian, Trust, Online ShopAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh trust (X1) dan kualitas website (X2) terhadap Minat Pembelian (Y) pada Online Shop Shopee. Penelitian ini penulis memilih jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode survei. Menggunakan sampel dari populasi untuk menyebar kuesioner sebagai alat pengumpulan data penelitian. MenggunakanPath Analysis sebagai metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Trust (X1) dan Kualitas Website (X2) secara simultan berpengaruhterhadap Minat Pembelian (Y) pada Online Shop Shopee sebesar 0,994 (99,4%), terdapat sebesar 0,060 (6,0%) dipengaruhi oleh variabel luar yang tidak diteliti. Trust (X1) sebesar 0,663 (66,3%), Kualitas Website (X2) sebesar 0,341 (34,1%) berpengaruh secara parsial terhadap Minat Pembelian (Y).
Downloads
References
Abdurachman, Ujianto. 2004. Analisis Faktor-Faktor yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli Konsumen Sarung (Studi Perilaku Konsumen Sarung di Jawa Timur). Jurnal manajemen & kewirausahaan Vol. 6, No.1, Maret 2004.
Assael, H. 2004. Consumer Behaviour: A Strategic Approach. New York: Houghton Mifflin. Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl Mcdaniel. 2002. Pemasaran (EdisiPertama). Salemba
Empat: Jakarta.
Durianto, Darmadi. 2013. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku
Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Darsono, I.I. (2008). Hubungan perceived service quality dan loyalitas: Peran trust dan
satisfaction sebagai mediator. The 2nd National Confrence UKWMS. Surabaya. Ferdinand, Augusty. 2002. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang:Universitas
Diponegoro.
Anguly, B., Dash, S. B. dan Cyr, D. (2009). Website Characteristics, Trustand Purchase
Intention in Online Stores: An Empirical Study in The Indian Context. Journal of
Information and Science Technology. Vol 6 (2) hal 23-44.
Hsiao, K.-L., Lin, J. C.-C., Wang, X.-Y., Lu, H.-P., dan Yu, H. (2010). Antecedents and
Consequences of Trust.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2010. Principles of Marketing (Edisi 13). United
States of America: Pearson.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1.
Jakarta: Erlangga.
Pavlou, P. A. (2003). Consumer Acceptance of Electronic Commerce: Integrating Trust and
Risk with The Technology Acceptance Model. International Journal of Electronic Commerce. Vol 7(3), hal 101-134.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.