Pengaruh Trust Dan Kualitas Website Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Shopee

Authors

  • Mifta Buheli Universitas Ichsan Gorontalo
  • Riani Riani Universitas Ichsan Gorontalo
  • Mawahdania Mawahdania Universitas Ichsan Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.37195/jtebr.v5i1.112

Keywords:

Kualitas Website, Minat Pembelian, Trust, Online Shop

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh trust (X1) dan kualitas website (X2) terhadap Minat Pembelian (Y) pada Online Shop Shopee. Penelitian ini penulis memilih jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode survei. Menggunakan sampel dari populasi untuk menyebar kuesioner sebagai alat pengumpulan data penelitian. MenggunakanPath Analysis sebagai metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Trust (X1) dan Kualitas Website (X2) secara simultan berpengaruhterhadap Minat Pembelian (Y) pada Online Shop Shopee sebesar 0,994 (99,4%), terdapat sebesar 0,060 (6,0%) dipengaruhi oleh variabel luar yang tidak diteliti. Trust (X1) sebesar 0,663 (66,3%), Kualitas Website (X2) sebesar 0,341 (34,1%) berpengaruh secara parsial terhadap Minat Pembelian (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Riani Riani, Universitas Ichsan Gorontalo

 

 

Mawahdania Mawahdania, Universitas Ichsan Gorontalo

 

 

References

Abdurachman, Ujianto. 2004. Analisis Faktor-Faktor yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli Konsumen Sarung (Studi Perilaku Konsumen Sarung di Jawa Timur). Jurnal manajemen & kewirausahaan Vol. 6, No.1, Maret 2004.

Assael, H. 2004. Consumer Behaviour: A Strategic Approach. New York: Houghton Mifflin. Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl Mcdaniel. 2002. Pemasaran (EdisiPertama). Salemba

Empat: Jakarta.

Durianto, Darmadi. 2013. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku

Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Darsono, I.I. (2008). Hubungan perceived service quality dan loyalitas: Peran trust dan

satisfaction sebagai mediator. The 2nd National Confrence UKWMS. Surabaya. Ferdinand, Augusty. 2002. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang:Universitas

Diponegoro.

Anguly, B., Dash, S. B. dan Cyr, D. (2009). Website Characteristics, Trustand Purchase

Intention in Online Stores: An Empirical Study in The Indian Context. Journal of

Information and Science Technology. Vol 6 (2) hal 23-44.

Hsiao, K.-L., Lin, J. C.-C., Wang, X.-Y., Lu, H.-P., dan Yu, H. (2010). Antecedents and

Consequences of Trust.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2010. Principles of Marketing (Edisi 13). United

States of America: Pearson.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1.

Jakarta: Erlangga.

Pavlou, P. A. (2003). Consumer Acceptance of Electronic Commerce: Integrating Trust and

Risk with The Technology Acceptance Model. International Journal of Electronic Commerce. Vol 7(3), hal 101-134.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Buheli, M., Riani, R., & Mawahdania, M. (2023). Pengaruh Trust Dan Kualitas Website Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Shopee. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 5(1). https://doi.org/10.37195/jtebr.v5i1.112
Abstract viewed = 47 times