Strategi Experiential Marketing Bisnis Tahu Tek Tadz Mail Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.37195/jtebr.v5i1.143Keywords:
Strategi, Experiential marketing, Loyalitas PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi dan menganalisis implementasi strategi pemasaran eksperiential marketing oleh bisnis "Tahu Tek Tadz Mail" dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Pemasaran eksperiential adalah pendekatan yang berfokus pada menciptakan pengalaman positif dan berkesan bagi konsumen. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif, mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan manajemen perusahaan dan pelanggan setia. Temuan menunjukkan bahwa "Tahu Tek Tadz Mail" telah berhasil menerapkan strategi pemasaran eksperiential marekting dengan menerapkan sense, feel, think, act, relate untuk menarik pelanggan. Mereka telah menciptakan pengalaman unik bagi pelanggan melalui suasana yang menyenangkan, dekorasi menarik, pelayanan ramah, dan interaksi yang dipersonalisasi. Upaya ini telah menarik perhatian dan membuat pelanggan merasa dihargai dan diapresiasi oleh perusahaan. Dalam hal meningkatkan loyalitas pelanggan, strategi pemasaran eksperiential marekting telah memberikan hasil positif. Pelanggan yang mengalami pengalaman positif dengan "Tahu Tek Tadz Mail" cenderung memiliki tingkat kepuasan yang tinggi, lebih mungkin menjadi pelanggan setia, dan cenderung merekomendasikan makanan tersebut kepada orang lain. Selain itu, pengalaman positif juga membantu memperkuat ikatan emosional antara pelanggan dan merek, sehingga memupuk loyalitas yang lebih dalam. Temuan penelitian ini juga memiliki implikasi penting bagi bisnis lain yang ingin meningkatkan loyalitas pelanggannya. Bisnis dapat mempelajari bagaimana "Tahu Tek Tadz Mail" telah menerapkan strategi pemasaran eksperiential marketing untuk menciptakan pengalaman yang unik dan berkesan bagi pelanggannya.
Downloads
References
Andriani, R., & Fatimah, R. (2018). Strategi Experiential Marketing Sebagai Metode Pendekatan Dalam Meningkatkan Revisit Intention Wisatawan Sabda Alam Garut. Jurnal Kajian Ilmiah, 18(3), 206. https://doi.org/10.31599/jki.v18i3.287
Dharmayanti, D., & Lokito, S. A. (2019). Analisis Pengaruh Experiential Marketing Dan Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Comedy Kopi Di Surabaya. Manajememn Pemasaran, 121–131, 1–15.
Indriani, F. (2006). Expemential Marketiivg Sebagai Suatu Strategi Dalam Menciptakan C U S T O M E R Satisfaction Dan Repeat Buying Untuk Meningkatkan Kineria Pemasaran. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 3(1), 28–39.
Muslim, M. (2018). Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, Dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu Komunikasi. Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 1(10), 77–85. https://doi.org/10.33751/wahana.v1i10.654
Pratchett, L. (1999). New technologies and the modernization of local government: An analysis of biases and constraints. In Public Administration (Vol. 77, Issue 4, pp. 731– 751). https://doi.org/10.1111/1467-9299.00177
Rahman, J. H. (2021). Informan Penelitian Kualitatif. August, 0–7.
Smilansky, S. (2009). Experiential Marketing: A Practical Guide to Interactive Brand
Experiences. Kogan Page.
Wibowo, L. A. (2019). Experiential Marketing Dan Branded Customer Experience Kaitannya
Dengan Loyalitas Pelanggan Restoran Dan Cafe Serta Dampaknya Pada Citra Bandung Sebagai Destinasi Pariwisata Indonesia. Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 11(1), 48. https://doi.org/10.17509/strategic.v11i1.1102
Zeithaml, V.A., Berry, L.L., & Parasuraman, A. (1996). The behavioral consequences of service quality. Journal of Marketing, 60(2), 31–46.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.