Strategi Experiential Marketing Bisnis Tahu Tek Tadz Mail Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Authors

  • Endin Jorgy UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Mahfuzh Arsya UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Moh Ilham UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37195/jtebr.v5i1.143

Keywords:

Strategi, Experiential marketing, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi dan menganalisis implementasi strategi pemasaran eksperiential marketing oleh bisnis "Tahu Tek Tadz Mail" dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Pemasaran eksperiential adalah pendekatan yang berfokus pada menciptakan pengalaman positif dan berkesan bagi konsumen. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif, mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan manajemen perusahaan dan pelanggan setia. Temuan menunjukkan bahwa "Tahu Tek Tadz Mail" telah berhasil menerapkan strategi pemasaran eksperiential marekting dengan menerapkan sense, feel, think, act, relate untuk menarik pelanggan. Mereka telah menciptakan pengalaman unik bagi pelanggan melalui suasana yang menyenangkan, dekorasi menarik, pelayanan ramah, dan interaksi yang dipersonalisasi. Upaya ini telah menarik perhatian dan membuat pelanggan merasa dihargai dan diapresiasi oleh perusahaan. Dalam hal meningkatkan loyalitas pelanggan, strategi pemasaran eksperiential marekting telah memberikan hasil positif. Pelanggan yang mengalami pengalaman positif dengan "Tahu Tek Tadz Mail" cenderung memiliki tingkat kepuasan yang tinggi, lebih mungkin menjadi pelanggan setia, dan cenderung merekomendasikan makanan tersebut kepada orang lain. Selain itu, pengalaman positif juga membantu memperkuat ikatan emosional antara pelanggan dan merek, sehingga memupuk loyalitas yang lebih dalam. Temuan penelitian ini juga memiliki implikasi penting bagi bisnis lain yang ingin meningkatkan loyalitas pelanggannya. Bisnis dapat mempelajari bagaimana "Tahu Tek Tadz Mail" telah menerapkan strategi pemasaran eksperiential marketing untuk menciptakan pengalaman yang unik dan berkesan bagi pelanggannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, R., & Fatimah, R. (2018). Strategi Experiential Marketing Sebagai Metode Pendekatan Dalam Meningkatkan Revisit Intention Wisatawan Sabda Alam Garut. Jurnal Kajian Ilmiah, 18(3), 206. https://doi.org/10.31599/jki.v18i3.287

Dharmayanti, D., & Lokito, S. A. (2019). Analisis Pengaruh Experiential Marketing Dan Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Comedy Kopi Di Surabaya. Manajememn Pemasaran, 121–131, 1–15.

Indriani, F. (2006). Expemential Marketiivg Sebagai Suatu Strategi Dalam Menciptakan C U S T O M E R Satisfaction Dan Repeat Buying Untuk Meningkatkan Kineria Pemasaran. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 3(1), 28–39.

Muslim, M. (2018). Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, Dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu Komunikasi. Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 1(10), 77–85. https://doi.org/10.33751/wahana.v1i10.654

Pratchett, L. (1999). New technologies and the modernization of local government: An analysis of biases and constraints. In Public Administration (Vol. 77, Issue 4, pp. 731– 751). https://doi.org/10.1111/1467-9299.00177

Rahman, J. H. (2021). Informan Penelitian Kualitatif. August, 0–7.

Smilansky, S. (2009). Experiential Marketing: A Practical Guide to Interactive Brand

Experiences. Kogan Page.

Wibowo, L. A. (2019). Experiential Marketing Dan Branded Customer Experience Kaitannya

Dengan Loyalitas Pelanggan Restoran Dan Cafe Serta Dampaknya Pada Citra Bandung Sebagai Destinasi Pariwisata Indonesia. Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 11(1), 48. https://doi.org/10.17509/strategic.v11i1.1102

Zeithaml, V.A., Berry, L.L., & Parasuraman, A. (1996). The behavioral consequences of service quality. Journal of Marketing, 60(2), 31–46.

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Jorgy, E. ., Arsya, M., & Ilham, M. (2024). Strategi Experiential Marketing Bisnis Tahu Tek Tadz Mail Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 5(1), 30–36. https://doi.org/10.37195/jtebr.v5i1.143
Abstract viewed = 71 times