Analisis Faktor Lingkungan Terhadap Perilaku Konsumen: Studi Kasus pada Klinik Pratama UIN Sunan Ampel Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.37195/jtebr.v5i1.146Keywords:
Faktor Lingkungan, Perilaku Konsumen, Studi Kasus, Klinik Pratama UINSAAbstract
Penelitian ini berfokus pada faktor lingkungan yang mempengaruhi perilaku konsumen di Klinik Pratama UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA). Faktor lingkungan meliputi faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh faktor lingkungan terhadap perilaku dan keputusan konsumen dalam memilih Klinik Pratama UINSA sebagai tempat menerima layanan kesehatan. Penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan berdasarkan wawancara, observasi ringan, dan analisis korelasional sebagai bentuk perbandingan teori yang digunakan dengan data hasil wawancara. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa faktor lingkungan meliputi faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis berpengaruh terhadap perilaku konsumen Klinik Pratama UINSA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor lingkungan yang baik seperti pelayanan gratis, fasilitas yang memadai, lokasi yang strategis, dan sumber daya manusia seperti staff, perawat, dan dokter memberikan pelayanan yang sangat positif kepada konsumen. Kami berharap penelitian ini dapat berkontribusi memperkaya literatur ilmiah serta pengetahuan pemasaran dan manajemen, khususnya yang berkaitan dengan korelasi faktor lingkungan dengan perilaku konsumen dalam konteks klinik kesehatan.
Downloads
References
Admin. (n.d.). Klinik Pratama UINSA. Uinsa.Com. Retrieved November 2, 2023, from https://uinsa.ac.id/klinik
Afianti, M. (2017). Hubungan Lingkungan Sosial dengan Perilaku Konsumen dalam Memilih Produk Perawatan Wajah. Universitas Negeri Jakarta.
Asiyah, S. N. (2023). Klinik Pratama UINSA-Surabaya Terakreditasi Paripurna Prestasi yang Membanggakan. Uinsa.Ac.Id. https://uinsa.ac.id/id/blog/klinik-pratama-uinsa-surabaya-terakreditasi-paripurna-prestasi-yang-membanggakan
Ferinia, R., Tanjung, R., Purba, B., Lestari, N., Mastuti, R., Utami, N. R., & Dewi, I. K. (2021). Perilaku Konsumen Kepariwisataan. Yayasan Kita Menulis.
Hendarsyah, D. (2020). Analisis Perilaku Konsumen dan Keamanan Kartu Kredit Perbankan. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 85–96.
Keller, K. dan. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Belas Terjemahan Benjamin Molan (12th ed.). PT Indeks.
Nofri, O., & Hafifah, A. (2018). Analisis Perilaku Konsumen dalam Melakukan Online Shopping di Kota Makassar. Manajemen, Ide, Inspirasi, 5(1), 113–132.
Putra P, I. B. P., & Kusumadewi, N. M. W. (2019). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Niat Pembelian Ulang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8).
Razak, M. (2016). Perilaku Konsumen. Alauddin University Press.
Sinulingga, N. A. B., & Si-hotang, H. T. (2023). Perilaku Konsumen: Strategi dan Teori. IOCS Publisher.
Siregar, A. M., & Aslami, N. (2022). Analisis Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Ter-hadap Keputusan Pembelian. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 21(2).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Sumarwan, U. (2014). Perilaku Konsumen: Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Galian Indonesia.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Penerbit Andi.
Towoliu, J. E. ., & Tumbuan, W. J. F. . (2017). Pengaruh Faktor Pribadi dan Faktor Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Waroeng Tepi Laut, Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 308–322.
Utami, I. W. (2017). Perilaku Konsumen. CV. Pustaka Bengawan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.