Membangun Jiwa Kewirausahaan bagi Generasi Muda diruang Lingkup Sekolah dan Kampus untuk Membangun Startup Berbasis Digital
DOI:
https://doi.org/10.37195/jtebr.v6i2.233Keywords:
Action Research, kewirausahaan digital, startup, generasi muda, pendidikan kewirausahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membangun jiwa kewirausahaan bagi generasi muda di ruang lingkup sekolah dan kampus guna mendorong mereka dalam membangun startup berbasis digital. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Action Research, penelitian ini dilakukan dalam beberapa siklus yang melibatkan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta partisipasi aktif dalam program pelatihan dan pendampingan kewirausahaan digital.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa sebagian besar siswa dan mahasiswa memiliki minat terhadap kewirausahaan digital, mereka menghadapi berbagai kendala, seperti kurangnya pemahaman konsep startup, keterbatasan akses terhadap sumber daya, serta rendahnya kepercayaan diri dalam memulai usaha. Melalui intervensi yang dilakukan, peserta mengalami peningkatan pemahaman mengenai konsep bisnis digital, pengembangan ide inovatif, serta perancangan prototype produk atau layanan berbasis teknologi. Kolaborasi dengan mentor dan komunitas startup terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi serta keterampilan praktis peserta dalam merintis bisnis berbasis digital.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan Action Research dapat menjadi metode yang efektif dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan generasi muda, terutama melalui pembelajaran berbasis pengalaman dan keterlibatan aktif dengan ekosistem startup. Namun, masih terdapat tantangan seperti keterbatasan akses terhadap sumber daya serta kurangnya pengalaman dalam validasi pasar, yang memerlukan strategi pendampingan lebih lanjut. Dengan demikian, diperlukan dukungan yang lebih luas dari institusi pendidikan dan industri untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan startup digital di kalangan generasi muda.
Downloads
References
Anggresta, V., Maya, S., & Septariani, D. (2022). Pengaruh Literasi Digital Dan Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha. Research and Development Journal of Education, 8(1), 153-159.
Fatonah, F., & Anggraeni, F. (2024). Digitalisasi Kewirausahaan: Analisis Tren Technopreneurship Di Kalangan Generasi Milenial. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 17941-17949.
Hermina, U. N., Novieyana, S., & Zain, D. (2011). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha Pada Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Eksos, 7(2), 130–141.
Suharti, L., & Sirine, H. (2012). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(2). https://doi.org/10.9744/jmk.13.2.124-134
Hendri Herman (2022). Kewirausahaan dan inovasi. Strategy Citra Semesta. Depok.
Nambisan, S. (2017). Digital Entrepreneurship: Toward a Digital Technology Perspective of Entrepreneurship. Entrepreneurship: Theory and Practice, 41(6), 1029–1055. https://doi.org/10.1111/etap.12254
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adi Putra Darmawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.