https://jtebr.unisan.ac.id/index.php/jtebr/issue/feed Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review 2024-01-02T12:36:40+08:00 Ariawan noreply_admin@jtebr.unisan.ac.id Open Journal Systems <p align="left"><span style="font-family: Times New Roman, serif;"><span style="font-size: medium;"><span style="font-family: Lucida Fax, serif;"><strong>Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review (JTEBR) Unisan</strong></span></span></span></p> <p align="justify"><a name="_GoBack"></a> <span style="font-family: Times New Roman, serif;"><span style="font-size: medium;"><span style="font-family: Constantia, serif;"><em>Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review</em></span><span style="font-family: Constantia, serif;"> (JTEBR) adalah suatu jurnal elektronik yang dikelola oleh Fakultas Ekonomi Universitas Ichsan Gorontalo (Unisan) dengan No <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1578169316&amp;1&amp;&amp;2020" target="_blank" rel="noopener">ISSN 2716-0092</a> (online) dan <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1578170126&amp;1&amp;&amp;2020" target="_blank" rel="noopener">ISSN 2716-0106</a> (cetak). Jurnal Technopreneurship Unisan bertujuan menyediakan berbagai publikasi artikel hasil penelitian berupa riset empirikal atau telaah konseptual terkait dengan perkembangan isu ekonomi, manajemen dan akuntansi yang terkini. </span></span></span></p> <p align="justify"><span style="font-family: Times New Roman, serif;"><span style="font-size: medium;"><span style="font-family: Constantia, serif;">JTEBR terbit secara berkala dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. JTEBR mengundang kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa, dan pihak lain yang berminat menyebarluaskan hasil penelitian di bidang ekonomi dan bisnis. Artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris dan belum pernah dikirim atau dipublikasikan pada jurnal lain.</span></span></span></p> https://jtebr.unisan.ac.id/index.php/jtebr/article/view/112 Pengaruh Trust Dan Kualitas Website Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Shopee 2023-01-30T12:56:44+08:00 Mifta Buheli buhelimifta@gmail.com Riani Riani riani2106@gmail.com Mawahdania Mawahdania mho.wahda@gmail.com <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh trust (X1) dan kualitas website (X2) terhadap Minat Pembelian (Y) pada Online Shop Shopee. Penelitian ini penulis memilih jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode survei. Menggunakan sampel dari populasi untuk menyebar kuesioner sebagai alat pengumpulan data penelitian. MenggunakanPath Analysis sebagai metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Trust (X1) dan Kualitas Website (X2) secara simultan berpengaruhterhadap Minat Pembelian (Y) pada Online Shop Shopee sebesar 0,994 (99,4%), terdapat sebesar 0,060 (6,0%) dipengaruhi oleh variabel luar yang tidak diteliti. Trust (X1) sebesar 0,663 (66,3%), Kualitas Website (X2) sebesar 0,341 (34,1%) berpengaruh secara parsial terhadap Minat Pembelian (Y).</p> </div> </div> </div> 2023-12-31T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review https://jtebr.unisan.ac.id/index.php/jtebr/article/view/104 Rancangan Usaha Tanaman Hias Model Terrarium (Studi Kasus Di Ukm Agririum, Kecamatan Limboto) 2023-02-02T21:18:49+08:00 Zulkifli Djeppu Mikotosuoh10@gmail.com Ariawan Ariawan ariawanahmad@gmail.com <p><em>Tanaman hias adalah tanaman yang ditanam dan ditempatkan dalam ruangan dan pekarangan rumah dengan pot sebagai wadahnya. Terrarium adalah konsep menanam dalam botol atau wadah kaca untuk meminimalisir penggunanaan lahan pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha, tingkat selera konsumen dan strategi pemasaran yang akan dilakukan terhadap produk Terrarium di Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan model studi kasus dengan metode pendekatan yang digunakan adalah metode gabungan antara kualitatif dan kuantitatif, di mana kualitatif yang dominan. Data yang dikumpulkan melalui hasil dari wawancara, observasi, dan trial pembuatan Terrarium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan usaha Terrarium layak diusahakan, selera konsumen terhadap produk Terrarium adalah Terrarium yang memiliki nilai keindahan yang menarik, dan strategi pemasaran yang digunakan adalah SWOT, dengan keunggulan peluang, yaitu peluang karena minimnya saingan.</em></p> 2023-12-31T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review https://jtebr.unisan.ac.id/index.php/jtebr/article/view/138 Peran Lingkungan Kerja, Fungsi Kepemimpinan Dan Kerjasama Tim Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai 2024-01-02T12:36:40+08:00 Yusuf Yusuf yu5ufr4uf@gmail.com La Ode Asfahyaddin Alidin laode.asfahyadin@uho.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja, fungsi kepemimpinan dan Kerjasama tim dalam meningkatkan kinerja pegawai. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey dengan bantuan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya pada 48 pegawai negeri sipil. Analisis data menggunakan analisis regresi multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja, fungsi kepemimpinan dan Kerjasama tim secara signifikan mampu meningkatkan kinerja pegawai baik secara simultan maupun parsial.</p> 2024-01-10T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review https://jtebr.unisan.ac.id/index.php/jtebr/article/view/143 Strategi Experiential Marketing Bisnis Tahu Tek Tadz Mail Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan 2023-12-25T22:54:37+08:00 Endin Jorgy endinmral@gmail.com Mahfuzh Arsya mahfuzharsya90@gmail.com Moh Ilham moh.ilham@uinsa.ac.id <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi dan menganalisis implementasi strategi pemasaran eksperiential marketing oleh bisnis "Tahu Tek Tadz Mail" dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Pemasaran eksperiential adalah pendekatan yang berfokus pada menciptakan pengalaman positif dan berkesan bagi konsumen. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif, mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan manajemen perusahaan dan pelanggan setia. Temuan menunjukkan bahwa "Tahu Tek Tadz Mail" telah berhasil menerapkan strategi pemasaran eksperiential marekting dengan menerapkan sense, feel, think, act, relate untuk menarik pelanggan. Mereka telah menciptakan pengalaman unik bagi pelanggan melalui suasana yang menyenangkan, dekorasi menarik, pelayanan ramah, dan interaksi yang dipersonalisasi. Upaya ini telah menarik perhatian dan membuat pelanggan merasa dihargai dan diapresiasi oleh perusahaan. Dalam hal meningkatkan loyalitas pelanggan, strategi pemasaran eksperiential marekting telah memberikan hasil positif. Pelanggan yang mengalami pengalaman positif dengan "Tahu Tek Tadz Mail" cenderung memiliki tingkat kepuasan yang tinggi, lebih mungkin menjadi pelanggan setia, dan cenderung merekomendasikan makanan tersebut kepada orang lain. Selain itu, pengalaman positif juga membantu memperkuat ikatan emosional antara pelanggan dan merek, sehingga memupuk loyalitas yang lebih dalam. Temuan penelitian ini juga memiliki implikasi penting bagi bisnis lain yang ingin meningkatkan loyalitas pelanggannya. Bisnis dapat mempelajari bagaimana "Tahu Tek Tadz Mail" telah menerapkan strategi pemasaran eksperiential marketing untuk menciptakan pengalaman yang unik dan berkesan bagi pelanggannya.</p> </div> </div> </div> 2024-01-10T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review https://jtebr.unisan.ac.id/index.php/jtebr/article/view/146 Analisis Faktor Lingkungan Terhadap Perilaku Konsumen: Studi Kasus pada Klinik Pratama UIN Sunan Ampel Surabaya 2023-12-31T13:02:30+08:00 Izam Lisa'iharodiyah izamlisa570@gmail.com Dwi Arta Melvia dwiarta230@gmail.com Zilfa Larumza Muharroma larumzaz@gmail.com Moh. Ilham moh.ilham@uinsby.ac.id <p>Penelitian ini berfokus pada faktor lingkungan yang mempengaruhi perilaku konsumen di Klinik Pratama UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA). Faktor lingkungan meliputi faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh faktor lingkungan terhadap perilaku dan keputusan konsumen dalam memilih Klinik Pratama UINSA sebagai tempat menerima layanan kesehatan. Penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan berdasarkan wawancara, observasi ringan, dan analisis korelasional sebagai bentuk perbandingan teori yang digunakan dengan data hasil wawancara. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa faktor lingkungan meliputi faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis berpengaruh terhadap perilaku konsumen Klinik Pratama UINSA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor lingkungan yang baik seperti pelayanan gratis, fasilitas yang memadai, lokasi yang strategis, dan sumber daya manusia seperti staff, perawat, dan dokter memberikan pelayanan yang sangat positif kepada konsumen. Kami berharap penelitian ini dapat berkontribusi memperkaya literatur ilmiah serta pengetahuan pemasaran dan manajemen, khususnya yang berkaitan dengan korelasi faktor lingkungan dengan perilaku konsumen dalam konteks klinik kesehatan.</p> 2024-01-11T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review