Strategi Pemerintah Daerah Dalam Mengoptimalkan Kinerja Pegawai Melalui Budaya Kerja Dan Teknologi Untuk Mencapai Pembangunan Berkelanjutan
DOI:
https://doi.org/10.37195/jtebr.v6i2.225Keywords:
Strategi, Optimalisasi Kinerja Pegawai, Budaya Kerja, Teknologi, Pembangunan BerkelanjutanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pendekatan yang diterapkan pemerintah daerah dalam menyeimbangkan budaya kerja dan pemanfaatan teknologi, demi meningkatkan kinerja pegawai serta berperan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Seluruh pegawai di pemerintah daerah Kabupaten Pohuwato menjadi populasi dalam penelitian ini, sementara pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Dalam analisis data, penelitian ini menggunakan teknik path analysis, yang diproses dengan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya kerja dan teknologi memiliki dampak terhadap kinerja pegawai. Namun, secara tidak langsung, budaya kerja melalui kinerja pegawai tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pencapaian pembangunan berkelanjutan. Meski begitu, teknologi dan kinerja pegawai berkontribusi secara signifikan terhadap pembangunan berkelanjutan, baik dalam hubungan langsung maupun melalui efek tidak langsung
Downloads
References
Anas. (2022). Sumber Daya Manusia Indo. Jurnal Ilmiah Promis, 3(2), 110–130. https://www.journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/566
Astuti, 2016. (2016). Pendektan Situasional. Pendekatan Situasional, 15(1), 165–175.
Baku, A., & Hasan, H. (2021). Accountia Journal. 5(2), 127–139.
Darma Sabri, Muklis Yunus, , & Press, S. K. U. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Konteks Perencanaan Pembangunan. Syiah Kuala University Press. https://books.google.co.id/books?id=S2_9EAAAQBAJ
Ghodang, H. (2020). Path Analysis (Analisis Jalur). Penerbit Mitra Grup. https://books.google.co.id/books?id=B4cHEAAAQBAJ
Haris Hasan, Fatma M. Ngabito, A. (2022). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja, dan Budaya Perusahaan Terhadap Kinerja Karyawan Harian Gorontalo Post. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(2), 163–177. https://doi.org/10.37531/ sejaman.vxix.346
Kamaruddin Sellang, Jamaluddin, & Ahmad Mustanir, (2022). Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dimensi, Konsep, Indikator dan Implementasinya. Penerbit Qiara Media. https://books.google.co.id/books?id=_mNcEAAAQBAJ
Mahardika, G. (2006). Kecocokan Nilai-Nilai Individu Dengan Kepuasan Kerja, Komitmen (Studi Pada RSI PKU Muhammadiyah Pekalongan ). Pengaruh Person-Organization Fit (Kecocokan Nilai-Nilai Individu Dengan Nilai-Nilai Organisasi) Terhadap Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional Dan Kinerja Karyawan.
Sartika, G. (2024). Peran Strategis Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Mendukung Keberlanjutan Organisasi melalui Penerapan Triple Bottom Line. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 177–188. https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v4i1.155
Sugiono, S. (2024). Proses Adopsi Teknologi Generative Artificial Intelligence dalam Dunia Pendidikan : Perspektif Teori Difusi Inovasi Adoption Process of Generative Artificial Intelligence Technology in Education : Diffusion of Innovation Theory Perspective. 9(July). https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i1.4859
Suparmoko, M. (2020). Pembangunan Nasional Dan Regional. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 9(1), 39–50.
Wirawan, P. D. R. I. B. (2012). Teori-teori Sosial dalam Tiga Paradigma: fakta sosial, definisi sosial, dan perilaku sosial. Kencana. https://books.google.co.id/books?id= 9KRPDwAAQBAJ
Nur Lazimatul Hilma Sholehah,Parmin Ishak; Siti Andini Utiarahman. (2024). Pentahelix Model in the Prevention of Environmental Accounting Fraud in the 3T Region. Global Business and Finance Review, 29(11), 88-100. 10.17549/gbfr.2024.29.11.88
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.