Pertumbuhan Perusahaan dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan pada Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Nurhayati Olii Fakultas Ekonomi, Universitas Ichsan Gorontalo
  • Eka Zahra Solikahan Fakultas Ekonomi, Universitas Ichsan Gorontalo
  • Ariawan Ariawan Fakultas Ekonomi, Universitas Ichsan Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.37195/jtebr.v3i1.76

Keywords:

Company Growth, Capital Structure, Firm Value, Food and Beverage sub-sector

Abstract

Increasing the prosperity of the owners or shareholders through increasing the firm value is the main goal of the corporation. Therefore, it is necessary to make efforts to grow the company and use an optimal capital structure in accordance with the trade-off theory that predicts a positive relationship to the value of the company. This study aims to determine the effect of company growth and capital structure on increasing company value. The research method uses a quantitative approach, using the purposive sampling technique in the food and beverage sub-sector, and multiple regression is used for data analysis. The finding of the study indicates that firm growth has a negative and insignificant effect on firm value. Capital structure has a negative and insignificant effect on firm value. Together, firm growth and capital structure have no significant effect on firm value in the food and beverage sub-sector. The growth of a firm requires large investment costs and optimizing the funding of the company’s capital structure.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, A. L., Darminto, & Handayani, S. R. (2013). Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada Perusahaan Semen yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) , 2 (1), 12=23.

Anggara, w., Mukhzarudfa, & Aurora, L. T. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan LQ 45 di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017. Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja , 4 (4), 58-70.

Ariawan, & Dudu, V. (2019). Determinan Struktur Modal Pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik yang Go Publik di Bursa Efek Indonesia. Al-Buhuts, , 15 (1), 25-42.

Arviansyah, Y. (2013). Pengaruh Struktur Modal, Kinerja Keuangan Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran PerusahaanTerhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah .

Bintara, R. (2018). Pengaruh profitabilitas, growth opportunity, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan good corporate governance sebagai variabel pemoderasi (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2015). Profita , 11 (2), 306-328.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2015). Dasar-dasar Manajemen Keuangan (11 ed., Vol. 2). Jakarta: Salemba Empat.

Chaidir. (2015). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi). , 1 (2), 1-21.

Dama, D. P. (2017). Dama, D. P. dan J. E. Tulung. 2017. Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Insider Ownership sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Pertambangan Periode 2011-2015. Jurnal EMBA , 5 (3), 1532-1538.

Damayanti, D. (2016). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014). Institutional Repositori Universitas Muhammadyah Surakarta .

Dewi, P. Y., Yuniarta, G. A., & Atmaja, d. A. (2014). Pengaruh Sruktur Modal Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha , 2 (1).

Dhani, I., & Utama, S. A. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, StrukturModal, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, , 2 (1), 135-148.

Diani, A. F. (2015). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Riset Manajemen .

Fahmi, I. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Gaffar & Ariawan. (2021). Dampak Struktur Modal dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Sub Sektor Perkebunan yang Go Publik di Bursa Efek Indonesia. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review , 2 (2), 101–113.

Hani, S. (2015). Teknik Analisa Laporan Keuangan. Sumatra Utara: Umsu Pres.

Harjito, A., & Martono. (2013). Manajemen Keuangan. Yokyakarta: Ekonisia.

Harmono. (2014). Manajemen Keuangan Berbasis balanced scored. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Husnan, S., & Pudjiastuti, E. (2015). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Yokyakarta: UPP STIM YKPN.

Indrarini, S. (2019). Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Insani, B., Indrayono, Y., & Herlisnawati, D. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Foods And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Jurnal Onlie mhasiswa (JOM) Bidang Akuntnasi .

Irawan, D., & Kusuma, N. (2019). Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Aktual , 17 (1), 66-81.

Israel, C. I., Mangantar, M., & Saerang, I. S. (2018). Jurnal EMBA. Pengaruh Struktur Modal, Kepemilikan Institusional dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI , 6 (3), 1118-1127.

Junita, L. (2014). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2009-2012. Jurnal Akuntansi, 2 (3).

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kawito, P. (2010). Menggunakan Peta PBV – ROE Untuk Investasi Saham. Infovesta.com , 1–3.

Khariry, M., & Yusniar, M. W. (2016). Khariry, Mukhlan dan Yusniar, Meina. Jurnal wawasan Manajemen, 4 (2).

Kusumajaya, D. (2011). Pengaruh Struktur Modal Dan Pertumbuhanperusahaan terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan pada perusahaan manufatur di Bursa Efek Indonesia. Bali: Program Pasca Sarjana Universitas Udayana.

Mandalika, A. (2016). Pengaruh Struktur Aktiva, Struktur Modal, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Publik Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Studi Pada Sektor Otomotif). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi , 16 (1), 207-218.

Manoppo, H., & Arie, F. V. (2016). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran. Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Otomotif Yang. Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA 485 , 4 (2), 485-497.

Meythi, Martusa, R., & Debbianita. (2012). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pertumbuhan Perusahaan Sebagai Variabel Moderating. Bandung: Program Pendidikan Profesi Akuntansi UK. Maranatha.

Nofrita, R. (2013). engaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan. Kebijakan Deviden sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Jurnal Akuntansi , 1 (1).

Ogolmagai, N. (2013). Leverage Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan Pada Industri Manufaktur Yang Go Public Di Indonesia. Jurnal EMBA , 1 (3), 81-89.

Prasetyorini, B. F. (2013). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, price earning ratio dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen , 1 (1).

Putra, A. W., & Badjra, I. B. (2015). Pengaruh Leverage,Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas. E-Jurnal Manajemen Unud , 4 (7), 2052-2067.

Putri, J. (2016). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Go Publik (Studi Kasus Sektor Makanan Dan Minuman). Jurnal Online Mahasiswa Fisip , 3 (2), 1-12.

Safrida. (2015). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan,Profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia). Jurnal Akuntansi Riset , 2086-2563.

Sari, N. M., Sukadana, I. W., & Widnyana, I. W. (2021). Pengaruh Corporate Governance, Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Emas , 2 (1), 201-217.

Sari, R. A., & Priyad, M. P. (2017). “Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Size, dan Growth Opportunity terhadap Nilai Perusahaan.”. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen , 5 (10).

Sumartini, M., Cipta, W., & Suwendra, I. W. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahan Sektor Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, Jurusan Manajemen , 4, 1-12.

Suwardika, I. N., & Mustanda., I. K. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. E-Jurnal Manajemen, , 6 (3), 1248 - 1277.

Tobing, R. L. (2015). Efek Mediasi Kebijakan Dividen pada Pengaruh Gugus Kesempatan Investasi (IOS) Terhadap Rasio Hutang dan Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis , 15.

Ukhriyawati, C. F., & Dewi, R. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Lq-45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Equlibria , 6 (1).

Zutami, D. D., Romli, 2., & Marnisah, 3. (2021). Analisis Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Padaperusahaan Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Lq45). Integritas Jurnal Manajemen Profesional (IJMPro) , 2 (1), 71-82.

Downloads

Published

2021-12-27

How to Cite

Olii, N., Solikahan, E. Z., & Ariawan, A. (2021). Pertumbuhan Perusahaan dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan pada Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 3(1), 21–34. https://doi.org/10.37195/jtebr.v3i1.76

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 231 times